TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Sebagai Objek Wisata Kebanggaan

0
270

Mencari tempat wisata di Jakarta tentu tidak sulit. Berbagai jenis objek wisata bisa Anda temukan disini, termasuk diantaranya adalah wisata sebagai media pembelajaran untuk mengenal ragam kebudayaan Indonesia. Adalah TMII yang merupakan salah satu jenis objek wisata di Jakarta yang paling direkomendasikan dan bahkan wajib dikunjungi, terutama sekali untuk anak-anak atau Anda yang ingin mengenal ragam kebudayaan Indonesia tanpa harus berkeiling Indonesia.

TMII atau Taman Mini Indonesia Indah ini merupakan suatu taman rekreasi yang bertemakan kebudayaan dari seluruh Indonesia. Bisa dikatakan miniature budaya dari Sabang sampai Merauke bisa Anda temukan disini. Taman Mini Indonesia Indah ini berlokasi di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur dan berdiri di tanah seluas kurang lebih 150 hektar. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional.

Berbagai fasilitas menarik bisa Anda temukan disini diantaranya adalah Anjungan Daerah yang terdiri dari 33 kebudayaan daerah di seluruh Indonesia, Kereta Gantung, Teater Keong Emas, Monorel dan fasilitas lainnya. Selain fasilitas yang beragam, ada satu keunikan yang dimiliki Taman Mini Indonesia Indah yaitu miniatur kepulauan Indonesia yang terletak pada danau tepat di tengah-tengah area Taman Mini Indonesia Indah. Jadi, secara tidak langsung, kita dapat mengetahui keanekaragaman suku dan budaya yang ada di Tanah Air yang turut merekatkan pengunjung dengan budaya bangsa ini. Berbagai fasilitas ini menjadikan Taman Mini Indonesia Indah sebagai kawasan wisata terkemuka di ibukota Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah didirikan pada tanggal 20 April 1975. Pambangunannya menghabiskan waktu hingga tiga tahun sejak di mulainya pembangunan pada tahun 1972. Berdasarkan sejarahnya, TMII dibangun untuk mengenalkan kepada seluruh rakyat di nusantara mengenai Indonesia yang seutuhnya dalam versi mini. Tidak hanya sebagai tempat berwisata yang menyenangkan, Taman Mini Indonesia Indah juga dapat sebagai media pembelajaran untuk mengenal ragam kebudayaan Indonesia tanpa harus mendatangi setiap daerahnya. Tidak hanya wisatawan domestic saja, tetapi bahkan wisatawan mancanegara pun begitu antusias mengelilingi tempat rekreasi keluarga ini. Itu karena TMII juga ditujukan untuk memperkenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia.

Di dalam balairung, kita dapat menyaksikan sejarah Minang dan juga berbagai aktivitas kesenian yang ada. Termasuk disajikannya beberapa aspek tradisional meliputi busana adat, pelaminan pengantin, kain Songket Silungkang, dan seperangkat alat musik Talempong.

Untuk bisa menikmati wisata ini Anda juga tidak perlu membayar mahal, karena tariff masuk yang dikenakan sangat terjangkau yaitu Rp 9.000 per orang, Rp 6.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 10.000 untuk satu mobil dan Rp 15.000 untuk bus.

Untuk bisa mencapai TMII ini juga tidak sulit, termasuk ketika Anda menggunakan transportasi umum. Berikut kami sampaikan detail petunjuk arah dan rute menuju ke Taman Mini Indonesia Indah dengan Transjakarta Busway, Rutenya adalah Pluit – Pinang Ranti, lanjut naik KWK S15A ke arah Taman Mini.

Bagi Anda yang dari luar kota, lokasi TMII tidak begitu jauh dari terminal Kampung Rambutan atau Pasar Rebo, untuk lebih praktis nya Anda bisa menggunakan sarana transportasi online baik ojek maupun taxi online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here