GBK (Gelora Bung Karno) Kebanggaan Indonesia

0
713

GBK (Gelora Bung Karno) merupakan sebuah fasilitas sekaligus prasarana olahraga yang berlokasi di pusat kota Jakarta. GBK ini memiliki luas area sekitar 284,2 hektar termasuk kawasan ruang terbuka hijau sebagai paru-paru kota yang berfungsi juga sebagai resapan air.

GBK lahir sebagai manifestasi impian presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Beliau memimpikan tersedianya ruang terbuka bagi warga Jakarta, pusat olahraga nasional, ruang hiburan, pusat pertemuan juga sebagai tempat bersantai. Pembangunan GBK ketika itu yang terpenting adalah sebagai saranan untuk kegiatan Asian Games ke-4 tahun 1962. Nama GBK sempat dirubah menjadi Gelora Senayan saat Pemerintahan  Orde Baru. Di masa pemerintahan Presiden Abdul Rahman Wahid, nama Gelora Senayan diganti menjadi Gelora Bung Karno.

Gelora Bung Karno sendiri menjadi pasak sejarah olahraga dan juga kebanggaan bangsa Indonesia. Banyak kegiatan olahraga pernah di gelar di sini diantaranya adalah Sea Games, Asian Games, Sepakbola Piala Asia, Thomas Cup dan Uber Cup serta kegiatan olahraga internasional lainnya.

Fakta menarik dan tentunya membuat kita patut bangga adaah bahwa GBK juga merupakan salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia dengan kapasitas penonton sebanyak 100.000 orang. Berikutnya, GBK mengalami renovasi menjadi berkapasitas 88,000 orang tahun 2007. GBK memiliki fasilitas olahraga yang dapat mendukung kegiatan olahraga bertaraf nasional, regional hingga internasional. Renovasi kembali diakukan pada tahun 2016 untuk menyambut pelaksanaan Asian Games yang akan digelar di Indonesia pada tahun 2018.

GBK mulai direnovasi pada Agustus 2016, kini stadion yang dibangun pada era Presiden Sukarno ini tampil luar biasa. Banyak yang menyamakannya dengan Allianz Arena, stadion milik klub elit Bayern Muenchen yang bermarkas di Bavaria, Jerman. Tidak hanya tampilannya yang luar biasa keren, tetapi fasilitas pendukung stadion juga sudah bertaraf internasional. Dalam renovasi terakhirnya ini, disebutkan bahwa renovasinya menghabiskan sekitar Rp769 miliar.

Begitu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Stadion Utama Gelora Bung Karno langsung digunakan untuk pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Islandia. Pelatih Timas Islandia, Heimir Hallgrímsson tampak tidak bisa menyembunyikan kekagumannya pada wajah baru GBK ini. Banyak fasilitas bintang lima tersedia disini, baik untuk para atet yang akan berlaga maupun untuk para pengunjungnya.

Bagi para pebisnis kelas dunia, Gelora Bung Karno telah biasa dijadikan gelaran yang strategis bagi produk mereka dalam berbagai pameran yang eksklusif mulai dari otomotif, perlengkapan olahraga, furniture, produk budaya dan pariwisata dan masih banyak lagi lainnya. sehingga selain sebagai arena olahraga, GBK ini juga benar-benar memenuhi fungsi sebagai tempat hiburan, pusat pertemuan hingga  tempat berekreasi dan bersantai.

Lokasi GBK yang sangat strategis ini juga sangat mudah untuk dijangkau, baik ketika Anda menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan menggunakan transportasi umum.

Dari Stasiun Sudirman:

Dari Stasiun Kereta Sudirman jalan sedikit ke Jalan Jendral Sudirman lalu lanjut naik bis Kopaja P 19 arah Blok M / Cilandak atau jalan ke halte busway Dukuh Atas lalu naik bis TransJakarta Busway koridor 1 arah Blok M. Kemudian turun di seberang pintu 1 Senayan atau di halte busway Gelora Bung Karno (GBK) dan lanjut jalan kaki sedikit ke Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

Sementara jika Anda dari Stasiun Palmerah:

Dari Stasiun Kereta Palmerah naik bis feeder TransJakarta arah Jalan Jendral Sudirman. Kemudian turun di perhentian atau halte bus di Jalan Gerbang Pemuda Senayan atau di halte busway Senayan JCC. Selanjutnya jalan kaki atau naik ojek untuk sampai ke Gelora Bung Karno.