Berbagai Hal Menarik yang Akan Anda Temukan di Ragunan

0
496

Kebun Binatang Ragunan Jakarta atau dikenal juga sebagai Taman Margasatwa Ragunan merupakan tempat rekreasi keluarga seluas 147 ha di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini berdiri pada 1864 dan sampai hari ini, terdapat lebih dari 3.000 satwa penghuni kebun binatang ini tidak hanya satwa, tetapi di kebun binatang ini juga terdapat dengan dari 50.000 aneka jenis pohon.

Kebun Binatang Ragunan ini berdiri pada 1864 dengan nama Planten En Dierentuin atau “Tanaman dan Kebun Binatang.” Semula lokasinya ada di Cikini, Jakarta Pusat, yang merupakan pemberian Raden Saleh, pelukis kondang itu. Pada tahun 1949, nama kebun binatang ini berubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1964 pindah ke daerah Ragunan. Ketika itu peresmiannya dilakukan oleh Gubernur DKI Ali Sadikin pada 22 Juni 1966.

Pada hari libur dan libur nasional, pengunjung bisa naik Unta pada jam 10.00-15.00, dengan hanya membayar Rp. 5.000,- saja. Selain itu, Anda juga bisa naik gajah antara pukul 10.00-15.00, dengan membayar Rp. 5.000,- Ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda temukan di kebun binatang ini, seperti misanya seekor anak Gajah Sumatera (Elephas maximus Sumatranus) bermain. Selain anak gajah yang lucu tingkahnya, ada cukup banyak gajah Sumatera dewasa yang ukuran badannya sangat besar dengan kandang yang luas. ada pula sejumlah Rusa Totol (Axis axis erxleben) asal India yang sengaja didatangkan ke Istana Bogor oleh Thomas Stanford Raffles, sekitar tahun 1814. Terdapat pula kandang Jerapah asal Afrika.

Kadal raksasa Komodo dewasa dengan ukuran badan yang cukup besar juga bisa Anda temukan disini. Komodo di Kebun Binatang Ragunan Jakarta ini bisa diam tak bergerak dalam waktu lama, sebelum ia berjalan untuk berpindah tempat. Di alam, Komodo hanya ditemukan di habitat aslinya di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan Flores Barat. Ada pula Beruk (Macaca nemestrina) di sebuah kandang di Pusat Primata Schmutzer Kebun Binatang Ragunan.

Anda juga bisa melihat kandang Gorilla di Kebun Binatang Ragunan yang dibatasi dengan parit keliling untuk menjaga keamanan bagi pengunjung. Kebun Binatang ini memelihara 3 ekor gorilla jantan yang berasal dari kebun binatang Inggris. Pertunjukan pemberian makan gorilla juga bisa dilihat pengunjung yakni sekitar pukul 12.00 dan 15.00.

Adapun koleksi binatang buas di Kebun Binatang Ragunan yang menarik diantaranya adalah Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae), Singa (Panthera leo), serta Harimau putih yang berasal dari Benggala, India. Masih banyak sekali koleksi binatang lainnya yang bisa Anda temukan disini.

Selain melihat-lihat satwa, disini Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan seru dan menyenangkan lain seperti jalan – jalan santai bersama keluarga, berpetualang dengan naik onta, gajah, dan kuda. Anda juga bis mengenalkan anak akan pentingnya menjaga kehidupan binatang agar tidak punah, berkunjung ke Pusat Primata Scmutzer, menyusuri kebun binatang Ragunan dengan kereta keliling atau sepeda keliling, menikmati batu refleksi di Pusat Refleksi di kebun binatang Ragunan dan sebagainya.

Jadi bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi kebun binatang ini? Lokasi kebun Bintang yang sangat strategis membuantya mudah diakses dari mana saja dan menggunakan kendaraan apa saja, baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Salah satu cara untuk menuju ke Kebun Binatang Ragunan dengan angkutan umum adalah dengan menggunakan busway TransJakarta koridor 6 dan Anda bisa langsung turun tepat di depan Pintu Utama Kebun Binatang Ragunan. Tapi, mengingat kondisi lalu lintas Ibu Kota yang hanya sepi ketika lebaran dan tengah malam, mungkin alternatif transportasi yang cukup memadai adalah dengan menggunakan KRL Commuter Line Jabodetabek.