Berbagai Hal Menarik di Kota Tua

0
139

Kota Tua Jakarta atau yang dikenal juga sebagai Batavia Lama (Oud Batavia) merupakan sebuah wilayah kecil di Jakarta. Kota ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kota Tua menjadi salah satu tempat wisata yang sangat difavoritkan di Jakarta. Selain karena terjangkau baik lokasi atau biayanya, tempat ini juga merupakan tempat bersejarah di Jakarta.

Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini menggambarkan keadaan Jakarta di zaman dahulu. Bangunan-bangunan beraksitektur Belanda berdiri megah di kawasan ini. Gedung-gedung peninggalan Belanda ini dahulu digunakan sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda. Di tengah kompleks gedung ini, terdapat sebuah halaman yang luas. Di Taman Fatahilah ini, Anda dapat menyewa sepeda ontel. Sepeda-sepeda ini selain untuk dikendarai berkeliling taman, juga sangat menarik untuk obyek berfoto.

Selain itu, ada juga beberapa seniman yang menunjukkan kreatifitasnya. Ada yang beraksi dengan berdandan ala bajak laut, tentara emas dan sebagainya. Anda dapat berfoto dengan para seniman ini.

Di kompleks Kota Tua Jakarta ini, terdapat beberapa museum yang dapat Anda kunjungi, diantaranya adalah:

  • Museum Seni Rupa dan Keramik Kota Tua Jakarta

Dari arah Stasiun Jakarta Kota, museum ini berada di sebelah kanan Taman Fatahillah. Dulunya, tempat ini merupakan bagunan gedung Pengadilan Batavia. Tapi saat ini, bangunan bersejarah ini telah dialih fungsikan menjadi museum. Sesuai dengan namanya, dalam museum ini terdapat aneka koleksi karya seni rupa dan juga keramik. Benda- benda ini berasal dari berbagai daerah dan juga tahun pembuatan. Mulai dari karya seni dari zaman kuno hingga masa kini ada di museum ini.

  • Museum Wayang Kota Tua Jakarta

Museum ini berada berseberangan dengan Museum Seni Rupa dan Keramik. Anda harus menyeberang taman untuk mencapai tempat wisata ini. Dalam museum wayang ini, terdapat aneka koleksi tokoh pewayangan. Tidak hanya wayang dari daerah di wilayah Indonesia, namun juga ada beberapa koleksi yang berasal dari luar negeri seperti Rusia dan juga Malaysia. Selain aneka koleksi wayangnya, terdapat juga beberapa perangkat pertunjukan wayang.

  • Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta

Museum ini merupakan bangunan utama yang ada di kompleks Taman Fatahillah kota Tua. Dulu, museum ini merupakan pusat pemerintahan Hindia Belanda pada masa kolonial.

Di bagian bawah bangunan ini terdapat penjara bawah tanah. Konon penjara ini digunakan untuk menahan para tawanan VOC.

Pada bagian belakang gedung ini terdapat sebuah taman kecil. Di taman ini terdapat aneka jajanan khas Betawi.

Untuk bisa mencapai kota Tua ini bukan hal yang sulit untuk dilakukan, karena lokasinya benar-benar sangat strategis. Anda bisa ke Kota Tua dengan mudah baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Akses paling mudah yaitu menggunakan transportasi umum seperti busway arah ke Museum Fatahilah atau juga bisa stop di halte Kota. Dari Pantai Indah Kapuk juga tersedia (BKTB) Bus Kota Terintegrasi Busway  (gambar BKTB). Sementara jika Anda ingin menggunakan akses commuterline, maka berhentilah di stasiun akhir Jakarta Kota, jika Anda dari Bekasi, Bogor, Depok maka bisa naik yang tujuan Stasiun Jakartakota. Namun jika terpaksa naik yang arah Tanah Abang, maka bergantilah kereta di stasiun Manggarai arah ke Stasiun Jakarta Kota.

Jika Anda berencana untuk berkunjung saat weekend, maka persiapkan barang-barang yang benar-benar diperlukan saja. pada saat weekend serta hari libur panjang, kawasan Kota Tua akan sangat ramai pengunjung, jadi sebaiknya Anda tetap berhati-hati. Karena areal Kota Tua sangat uas, jadi sebaiknya berkunjunglah mulai pagi hari bila ingin hanya sekali semuanya dapat dikunjungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here