Adat Budaya Betawi Setu Babakan yang Menarik untuk Dikunjungi

0
549

Jakarta adalah kota besar yang menyimpan berjuta keragaman. Tidak hanya kesan modern saja yang ada di kota ini, tetapi juga kebudayaan yang kental terutama sekali budaya Betawi di Setu Babakan. Setu Babakan merupakan sebuah danau yang terletak di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kotamadya Jakarta Selatan, dekat dengan Depok. Setu Babakan sebenarnya merupakan danau buatan dengan luas 30 hektar dan memiliki kedalaman dari 1 hingga 5 meter. Fungsi dari danau ini selain untuk melestarikan kebudayaan juga menjadi sarana rekreasi serta penampung air resapan.

Danau Setu Babakan juga sekaligus berfungsi menjadi pusat Perkampungan Budaya Betawi, yaitu suatu tempat yang digunakan sebagai pelestarian warisan budaya Betawi. Perkampungan Betawi Setu Babakan ini diresmikan pada tanggal 18 Agustus tahun 2000 melalui surat Keputusan Gubernur DKI Nomor 92 tahun 2000 oleh Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Perkampungan Budaya Betawi yang merupakan sebuah kawasan di Jakarta Selatan dengan komunitas yang ditumbuh kembangkan budaya meliputi seluruh hasil gagasan dan karya baik fisik maupun non fisik,seperti kesenian, adat istiadat, sastra, folklor, kuliner, pakaian serta arsitektur yang bercirikan kebetawian.

Perkampungan Budaya Betawi meliki petensi lingkungan alam yang asri dan sangat menarik yang sulit dijumpai di tengah hiruk pikuknya Kota jakarta. Ketika berada di sini Anda akan merasakan suasana yang berbeda di banding saat Anda berada di sekitar gedung Ibukota. Di Setu Babakan banyak pepohonan yang membuat lingkungan lebih sejuk dan rindang. Sehingga saat panas terik datang, Anda dapat berteduh di bawahnya sambil menikmati udara segar.

Di tempat ini juga terdapat taman yang di tanam berbagai macam tanaman. Terdapat juga kuliner khas Betawi seperti Toge Goreng, Es Potong, Kerak Telor, Soto Betawi, Bir Pletok, Rujak Bebek, Es Duren, Lontong Sayur, Nasi Uduk, Nasi Ulam dan sebagainya.

Wisata Budaya yang berada di Setu Babakan dibagi menjadi 3 macam, yaitu rumah Kebaya atau Bapang, rumah Betawi gudang atau kandang dan rumah Joglo. Adapun kesenian yang ada antara lain Tari Narojeng, Gambang Kromong, Tari Lenggang Nyai, Marawis, Tari Topeng, Tanjidor  dan Lenong. Sedangkan upacara adat yang ada di perkampungan ini antara lain Nujuh Bulan, Khatam Quran, Pindah Rumah dan Penganten Sunat.

Hingga sekarang ini, tiket masuk ke Setu Babakan tidak dikenakan tarif. Namun untuk pengunjung yang memakai sepeda motor atau mobil akan dikenakan biaya parkir. Sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Wisata ini dibuka dari pagi pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Saat Anda ingin berkunjung ke Setu Babakan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, ataupun transportasi umum baik online maupun konvensional. Jika Anda menggunakan bis Kopaja, maka rutenya adalah terminal Pasar Minggu – Cimpedak – Blok M – Gerbang Pitung – Danau Setu Babakan.

Memang tidak diragukan lagi bahwa Adat Budaya Betawi Setu Babakan merupakan wisata alam dan budaya yang sangat menarik. Jadi bagi Anda yang sedang mencari wisata murah tanpa biaya maka bisa mengunjungi tempat ini. Selain untuk menikmati pemandangan dan keunikan Adat Budaya Betawi Setu Babakan, disini Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai budaya Betawi. Sehingga kegiatan Anda tidak hanya sekedar refreshing saja di danau saja tetapi juga mendapat pengetahuan.